Senin, 08 Februari 2016

“Tahura, Awal Mula aku Bermalam di Hutan”


Aku adalah seorang mahasiswa Biologi,  di FMIPA Universitas Lambung Mangkurat yang sedang menempuh semester 2. Aku tinggal di Banjarbaru yang jauh dari kampung halamanku di Kab.Hulu Sungai Tengah.  Salah satu kegiatan yang sangat kusukai adalah kegiatan dialam  luar. Kesukaan tersebut bermula ketika aku pergi ke Kotabaru menuju rumah sepupuku, pada saat itu aku masih duduk di bangku SD. Sepanjang perjalanan aku melihat kawasan pegunungan dan menyeberangi Laut. Sejak saat itu aku mulai menyukai keindahan lingkungan yang membuat aku terpesona, kagum, &   membuatku ingin menjelajahinya.
Menanam Pohon di TAHURA
Menanam Pohon di Tahura Sultan Adam
Setelah lama aku menanti akhirnya pada bulan April Kemarin (pada tanggal 11-13) aku berkesempatan merasakan  sejuknya udara pegunungan meratus. Tepatnya aku pergi ke taman Hutan Raya Sultan Adam Mandiangin di Kab.Banjar. Tujuanku kesana adalah mengikuti kegiatan pengkaderan mahasiswa Baru Program Studi Biologi. Pengkaderan tersebut dinamakan Makrab (malam Keakraban) dan dilaksanakan oleh HIMABIO “Apiade”. Tujuan  dari kegiatan tersebut untuk mempersiapakn pengurus HIMABIO “Apidae” untuk masa mendatang. Banyak kegiatan yang kami lakukan selama di Tahura Mandiangin. Salah satu kegiatan yang paling kusukai adalah Penanaman  pohon. Kegiatan penanaman pohon tersebut dilakukan karena sebagian kawasan pegunungan meratus mengalami kegundulan.
Selain menanam pohon, kami juga menjaga kawasan Tahura Mandiangin dengan tidak menggunakan sabun mandi. sebagai gantinya kami hanya diperbolehkan membawa sabun bayi. Dihari terakhir kami melakukan operasi semut  memunguti sampah-sampah di sekitar tempat kami berkemah.
Bermalam di Tahura Sultan Adam Mandiangin merupakan kegiatan pertamakalinya bagiku. dan menjadi awal mulanya aku ketagihan terhadap kegiatan dialam bebas. Kegiatanku di Tahura tersebut membuat aku menyukai kegiatan travelling, terutama yang berbau alam. Dan saat ini aku mempunyai impian mengelilingi indonesia. Banyak hal yang sangat ingin kulakukan, salah satunya menyelami jernihnya lautan di Raja Ampat. Dan masih banyak lagi, termasuk berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban.
Hal terakhir yang ingin kusampaikan pada teman-teman semuanya adalah selalu jaga lingkungan. Termasuk saat kita berwisata sekalipun. Salam LESTARI....!!!

Foto Bersama Mahasiswa Biologi FMIPA Unlam Angkatan 2013 di Tahura Mandiangin
Foto Bersama Mahasiswa Biologi FMIPA Unlam Angkatan 2013 di Tahura Mandiangin

Tidak ada komentar: